..

PONDOK PESANTREN KESEHATAN THIBBUNNABAWI DAN TRADISIONAL DARUSSYIFA BOGOR TELP : 0251-862-8384 HP/WA : 089614391475 - 081310455344

TANYA JAWAB ILMU NAHWU

Tanya =  Ustadzah untuk jama' muanntas salim bentuknya bisa 2 khan ya?اتٌ  dan اتٍ ? Mengapa ketika belajar sharaf di tabel  tashrif lughowy bentuk yg اتٍ tidak dicantumkan ?bagaimana penggunaannya?
Jawab--
Karena sama2 ات hanya beda di harokat. Jd tdk dicantumkan di sharaf. Berbeda dgn jamak mudzakkar salim yg berbeda di huruf. Penggunaannya nanti dalam kedudukan dia di kalimat, apakah sebgai subjek (fail), objek (maful), dll..

Tanya = Jama' muannats salim jg... berarti.. i'rob nya bs bentuk huruf dan harokat
Jawab =
Tidak, dia harokat saja..

Tanya= Kalau posisi jama' muannats salim sebagai obyek yg fathah... maka tetep kasroh?
Jawab=
Na'am tetap kasroh.


Tanya = Krn baru pertama belajar Nahwu, ana mohon dijelaskan penamaan suatu tempat seperti nama kota dan Negara itu dalam bahasa Arab dibakukan oleh lembaga apa ya?  Maaf kalau menyimpang pertanyaannya.
Jawab =

Kurang tau lembaga apa :)
Tp kita mengetahuinya dr percakapan mereka, apa yg kita dengar dr mereka sima'iy).

Tanya= Kalau bilangan juga masuk isim ma'rifat? Afwan ini masih bingung baca buku Nahwu. Perlu ekstra baca.
Jawab=
Tidak mesti.. Pelan2 dibacanya, diserap, in sya Allah paham :)

Tanya =  masih blm ngeh maksud pertanyaan  mengenai yg fathah tetep kasrah....apa itu sdh tingkat lanjut ya?

Tholibah= Itu pembahasan mengenai mu'rob / perubahan  harakat akhir  suatu kata
Pada jama' muanntas salim harakat akhir kata pada kondisi nasab bukan menjadi fatah tapi kasroh. Afwan begitu ya ustadzah?
Jawab=
Iya. Jamak muannats salim ketika manshub (yg harusnya tanda aslinya fathah) dia berharokat kasroh..

Tanya= Ghairu munsharif:
★ banyak yg dihafal rumusnya
★ banyak latihan membaca...teliti thdp rumusnya... banyak latihan...
★ apa tdk ada rumus khusus spt batukali...?
Jawab=
Belum ada. Mungkin bisa jadi usul :) Terlalu banyak,jadi mungkin agak ribet kalau dibikin rumus Ukh .

Tanya= Mohon penjelasan mengenai i'rob jasm/bertanda sukun,bagaimana penggunaannya?
Jawab =
Digunakan jika suatu fiil didahului oleh huruf2 yg bisa menjazmkan, seperti  لا(nahiyah/larangan) pd fiil nahyi .

Ustadzah: Muthmainnah Jawwaz Lc
Asisten   : Nurul Akbari
Korlas     : Chamisah
Kelas.     :  1B

Tanya= Bagaimana cara mengenali kalimat yg mengandung isim mu'rob? Td yg paling lama nyari bagian yg ini .
Jawab=
Semua kata asalnya mu'rab, kecuali yg masuk dalam isim mabniy. Jd Yg harus dihafal isim mabniy, hanya sedikit kok :) selainnya mu'rab



Tanya= Utk isim mabniy di diktat contohnya isim isyaroh, selain itu ada lagi kah?
Jawab= Ada. Nanti ada pembahasannya ukh, sabar yaa :)


Tanya= Apakah untuk isim yg  berakhiran tanwin sudah pasti munshorif?
Jawab= Iya.

Tanya=  Isim lima itu maksudnya apa?minta dberi penjelasan dg contoh
Jawab=
Isim yg memiliki kekhususan, mu'rab dgn huruf. Marfu dgn و , majrur dgn ي dan manshub dgn  ا..  Nanti akan ada Pembahasan lebih detailnya.. Pelan2 :)


Tanya= Nanya utk hafalan, kl menyebut nama misalnya fathimah apa fathimatun? Zaid apa zaidun?
Jawab= Fathimatu, krna dia ghair munsharif.. kalo zaid zaidun.


Tanya= Bagaimana membedakan isim nakiroh dan isim munsharif karena sama sama berakhiran tanwin
Jawab= Isim yg bertanwin, maka dia nakirah dan munsharif. Kecuali isim alam, misal nama2 org, itu sudah pasti ma'rifah walau bertanwin.


Tanya= ustdazah mau tanya... Untk hafaln apakh contonhy hrs dr Quran&hadist. Ato ckup dr diktat??
Jawab= Iya ukh, dr al quran & hadits

Tanya=  Nama non arab maksudnya apa ya, kok contohnya nuh, luth... bukannya itu nama arab ya?
Jawab= Nama yg bukan dr bhs arab. Dan nuh & luth bukan dr bahasa arab.


Tanya= Utk ghoiru munshorif yg ketiga "nama yg berasal dr non arab" selain nama nabi, bolehkah nama manusia, benda atau nama tempat?
Jawab= Boleh, tp tidak utk benda.


Tanya=  Sighot muntahal jumu' kan bentuk jamak yg khas. Apakah itu sama dg jamak taksir?
Jawab= Iya. Shigat muntahal jumu' masuk dr bagian jamak taksir..


Tanya= Nanya lg, kl isim ghairu munsharif kan tdk bs kasroh, lalu kl dia jd majrur, apakah selalu fathah? Contoh: ilaa ibroohiima (di buku hal 36, surat an nisa: 163)
Jawab= Na'am. Selalu majrur dgn fathah


Tanya = ustadzah,  apa beda isim mu'rab dg harakat dan isim mu'rad dgn huruf?
afwan kalau pertanyaan ibu sdh ada yg tanya seblmnya, krn msh keg faham.
Jawab= Mu'rab dgn harokat, maksudnya dia marfu dengan harokat dhommah, manshub dgn harokat fathah dll.
Mu'rab dgn huruf maksudnya dia marfu dengan huruf waw, majrur dengan huruf ya dll..


Tanya=  Ustadzah..satu pertanyaan aja dari Ana....kenapa Ilmu Nahwu itu susah ya Ustadzah...Apakah mungkin kita mempelajari Nahwu dalam waktu yang sesingkat ini...sementara kosa kata Ana belumlah banyak..Ana agak kaget aja Ustadzah..'Afwan Ziddan Ustadzah
Jawab = Tidak susah, tp hanya sedikit lebih rumit dr sharaf :) Karena dia tata bahasa..
Asal banyak membaca, berlatih, pasti BISA -biidznillah-
Tanya= masih gk ngerti masalah pr hafalan. Tlg jelaskan mksd tiap soal dgn amtsal. Syukron. (Khonsa)

Jawab : Pr hafalan no1 bisa dibaca lg pd diktat hal40-42
Pr hafalan no2 sprt pd diktat hal30-32 ambil cnth msg2 satu aja
Pr hafalan no3 sprt pd diktat hal 37-39 diambil cnth 1aja

Tanya : Ustadzah Fairuz yang baik tolong jelaskan lebih rinci Lgi pertanyaan pemanasan no 5,6,
     
    🌾5. Sebutkan kata yg mu'rab dengan harakat!

Jawab : Isim yg mu'rab kan ada yg berubah harakat akhirnya aja ada jg yg dg tambahan huruf, yg mu'rab dg perubahan harakat isim mufrad sama jamak taksir coba di lihat lg di buku nahwu.

   🌾6. Sebutkan kata yg mu'rab dg huruf

Jawab : Yg mu'rab dg huruf isim mutsanna, jamak mudzakkar salim, krn ktambahan alif dan nun atau yak dan nun utk mutsanna, waw dan nun atau ya' dan nun utk jamak
(Rini Indriani)
K8
Tanya : Ustadzah, bgmn mengetahui suatu nama itu berasal dr non arab ? ( buku nahwu hal 37 - isim ghairu munsharif poin 3).
Jawab :  
Nama2 dr bahasa arab biasanya suku katanya ada yg sama sprti fi'il wazannya, contoh أحمد، يزيد
Atau pecahan dr fi'il misalnya حامد tp banyak juga yg tidak, kembali lagi ke kamus bahasa arab.. Karena biasanya di kamus bahasa arab di jelaskan kalo seandainya itu bukan dari bahasa arab.
(Kusyati Agustin)

Tanya: Ustadzah,,, apakah ada bedanya pengucapan isim ma'rifat / isim ma'rifah?
Jawab : Ma'rifat sama ma'rifah sama aja(Nurul Fatimah)

Tanya :  ustadzah, tolong jelaskan tentang isim nakirah ya.
(Nulaelah)
Jawab : Isim nakirah itu bersifat umum atau belum jelas, biasanya dalam bahasa arab di tandai dengan tanwin, contoh كتابٌ
Dan tidak di awali alif lam,
Sebaliknya kalau ada alif lam nya jadi ma'rifat..
Itu secara garis besar..

Tanya : Ustadzah bagaimana membedakan jamak yg mengikuti pola shigat muntahal jumu' dg jamak taksir.
Jawab :
shigah muntahal jumu' itu bagian dari jamak taksir...
Jadi jamak taksir itu di tinjau scara makna ada tiga,
1.jamak qillah ( sedikit) di gunakan utk 3-10
2. Jamak katsrah ( banyak) digunakan utk 3- tanpa batas sampai shigah muntahal jumuk
3. Shigah muntahal jumuk..

Tidak smua kalimat dlm bahasa arab mmpunyai 3 pecahan spt  atas, ada yg hanya punya jamak dlm bntuk shigah muntahal jumuk, nggk punya qillah dan katsrah, contohnya dirham jamaknya daraahim ( dlm bentuk waAn shigah munthal jumuk dan dia jamak taksir)
Jadi smua shigah muntahal jumuk di sebut jamak taksir..

Tanya : Ustadzah,kalau penggunaan isim isyarah dan alif lam secara bersamaan apakah sama maknanya dengan yang hanya memakai salah satu saja?
misalnya haadza alkitaabu dengan haadza kitaabun.
Jawab :
beda arti, هذا كتابٌ artinya ini adalah kitab.
هذا الكتاب : kitab ini
( masih perlu khobar yang menjelaskan, kitab ini knpa?)

Tanya : Ustazah, dalam tugas disuruh membuat contoh berbentuk kalimat isim nakiroh dan ma'rifat sedangkan ana tdk tau yg mana yg ada objeknya mana yg tidak ada.dan kalimat alqur'an itu kebanyakannya satu ayatnya panjang panjang.bagaimana cara membedakannya, kalo mengacu dari pengertian isim ma'rifah atau isim nakiroh yaitu perbedaannya dari objeknya?
Jawab : yang paling sederhana cari dulu yg pake alif lam dan yg tidak pake alif lam, supaya lebih mudah mengerjakannya.

Tanya : Di buku nahwu ada contoh di bagian idhafah kepada isim isyarah,penggunaan isim setelah isim isyarah menggunakan alif lam..apakah selalu seperti itu?
Jawab : Iya itu kalau mau di idhofahkan..
Kalo bukan idhofah, misalnya mubtada khobar ya nggk mesti pake alif lam,, contoh هذه المرأة bisa هذه امرأة
Kalo da mudhaf sebelumnya kyk contoh di buku, ,aka harus pake alif lam,
Jadi asal nya أم المرأة  ( tanpa isim isyarah) artinya ibu dari seorg wanita
Ditambahkan isyaroh utk lebih kelas siapa wanita yg di masud, maka alif lam yg ada pada al mar'ah tidak boleh di buang, jadi artinya ibu dari wanita ini.
Tanya : Utk contoh Yg benar Yg benar Yg mana 👇
رأيتُ كَلْبًا هذا
Atau
رأيتُ الكَلْبَ هذا
Yg Ana tanyakan apakah perbedaan diatas ? Apakah ال itu sangat berpengaruh terhadap arti Yg di maksud ?
Jawab : Alif yang di kalb nya di hilangin kalo mau kyk gitu,
رأيت كلبَ هذا
Jadi idhofah ke ism isyaroh

Wallahu a'lam..

   
Tanya=  Ustdzh yg tgas hfalan nmer satu cm d sebutkn msqlkn isim mufrod gtu aja kn g pke cntoh ?
Jawab= Iya, tidak pake contoh tidak apa-apa, kalau diberi contoh lebih baik.

Tanya= Berarti boleh skrg ya nanyanya...isim ghoiru munshorif salah satunya adalah seluruh nama yg mengikuti wazan fiil..apakah semua fiil? Madhi, mudhore, shohih , mu'tal?
Jawab= Betul, Semua nama dengan wazan Fi'il.

Tanya= Afwan boleh minta contoh selain ahmad dan yaziid? Syukron
Jawab= يحيى، ينال،تغلب،أسعد.


Tanya =  اخضر adalah bentuk mudzakar. BentuK muanatsnya adalah dg mengubahnya ke pola alif ta"nits mamdudah menjadi  ٌخضراء ُ
Apakah boleh mengubahnya ke pola alif ta'nits maqshurah?
Jawab=
Maksudnya bagaimana? Itu sudah kaidahnya seperti itu

Tanya = Pada ̤̥̈̊ ma'rifah yg diidofahkan pd isim alam ada kalimat AHLU MAKKATA dan AHLUL MADIINAH..
Pertanyaannya...
Mengapa kalimat MAKKATA tdk memakai alif lam seperti ALMADIINAH...?
Jawab=
Karena Makkah adalah isim ma'rifah, jadi tidak perlu alif laam, berbeda dengan Madinah.
Tanya= Mba, isim mashdar kan akhirannya tanwin semua. Berarti mashdar juga munsharif yah?
Jawab= Ism yang dapat menerima tanwin berarti Munsharif
Wallahu A'lam


Penjelasan =
Mksud isim mu'rab dgn huruf => isim yg ketika menempati kedudukan yg berbeda-beda dlm kalimat, maka yg berubah adalah hurufnya
Tanya= jd contoh yg benar?
Jawab=
Jawab=  Isim yg mu'rab nya dgn huruf ada 3:

1. Isim Mutsanna
• ketika rafa' -> alif (ﺟﺎﺀ ﻣﺴﻠﻤﺎﻥ)
• ketika nashab & jarr -> ya' (ﺭﺃﻳﺖ ﻣﺴﻠﻤﻴﻦ , ﻣﺮﺭﺕ ﺑﻤﺴﻠﻤﻴﻦ) : muslimaini

2. Jamak Mudzakkar Salim
• ketika rafa' -> wau (ﺟﺎﺀ
ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ)
• ketika nashab & jarr -> ya' (ﺭﺃﻳﺖ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ , ﻣﺮﺭﺕ ﺑﺎﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ) baca: muslimiina

3. Al-asma'ul khamsah (isim yg lima)
• ketika rafa' -> wau (ﺟﺎﺀ أخوك)
• ketika nashab -> alif (ﺭﺃﻳﺖ ﺃﺧﺎﻙ)
• ketika jarr -> ya' (ﻣﺮﺭﺕ ﺑﺄﺧﻴﻚ)

Tanya= asma'ul khamsah (isim yg lima) itu maksudnya apa?
Jawab= Isim yg lima:
1. ﺃﺑﻮﻙ
2. ﺃﺧﻮﻙ
3. ﺣﻤﻮﻙ
4. ﻓﻮﻙ
5. ﺫﻭ مال

Tanya= apakah semua nama perempuan itu ghairu munsharif?
Jawab= Khusus untuk nama wanita tersusun dari 3 huruf dan hrf tengahnya sukun, maka boleh dibaca tanwin contoh هند baca "hindun" (diktat hal 37)

Tanya=  perbedaan 4 i'rab itu apa ya?
Jawab =
👉 perbedaannya =
1. Rafa' :
• tanda asalnya adalah dhammah
• kata yg menduduki kedudukan rafa' disebut marfu'
• baik isim maupun fi'il, keduanya bisa datang dlm keadaan rafa'

2. Nashab :
• tanda asalnya fathah
• kata yg menduduki kedudukan nashab disebut manshub
• baik isim maupun fi'il, keduanya bisa datang dlm keadaan nashab

3. Jarr/Khafadh :
• tanda asalnya kasrah
• kata yg menduduki kedudukan jarr disebut majrur
• merupakan tanda khusus isim (tdk ada fi'il yg majrur)

4. Jazm :
• tanda asalnya sukun
• kata yg menduduki kedudukan jazm disebut majzum
• merupakan tanda khusus fi'il (tdk ada isim yg majzum)
[diktat hal 209-210]

Tanya= kalo di jawaban soal pemanasan tanda tiap i'rab ny kenapa banyak banget y? Misalnya utk rafa' bisa dhomah,wau,alif,nun
Jawab=
Iya, tanda aslinya sbgmn yg tadi disebutkan. Sekali lg, itu adalah tanda ASLI atau tanda ASAL.
Tp tanda asal ini bisa berubah sesuai dgn jenis isim/fi'ilnya.. Dengan kata lain, ada isim2 dan fi'il2 tertentu yg memiliki tanda khusus (lain dr tanda aslinya) baik ketika dlm keadaan rafa', nashab, jar, maupun jazm.
Utk masalah ﻋﻠﺎﻣﺎﺕ ﺍﻟﺈﻋﺮﺍﺏ (tanda-tanda i'rab), in sya Allah nanti akan ada pembahasan lanjut. Supaya lbh mudah diingat, bisa dilihat di diktat hal 212. Ada tabelnya dstu

Tanya = bedanya pengertian mu'rob dan i'rob ...
Jawab=
I'rab : BERUBAHNYA KONDISI AKHIR suatu kata (baik berubah harakat akhir maupun berubah huruf yg mrpkn tanda i'rab) seiring dgn perbedaan kedudukan kata tsb
👉 perubahan harakat akhirnya / huruf yg mjd tanda i'rabnya

Mu'rab : kelompok KATA yg bisa berubah kondisi akhirnya seiring dgn perbedaan kedudukan kata tsb
👉 kata nya
gampangnya: mu'rab adalah kata yg bisa di i'rab, baik berupa isim maupun fi'il.

Ustadzah   Taqnain
Asisten      Farhanna
Kelas.        1H BINUM
Korlas.      

Tanya= sy bingung ada kt شجر dan شجرة.ada pula زهر dan زهرة .kegunaany gmn y ukh.apa ada pohon atau bunga laki2 dan pr.mksh
Jawab=
Oh itu jama' (taksir) yg g ada ta' marbuthohnya
Tanya= terus mufrody dr kt apa ukh...
Jawab = شجرة :مفرد
شجر/أشجار :جمع التكثير
Tanya=  berarti misal ada kt شجرةالنراجيل atau شجرةالتفاحة,dua2y boleh y ukh..
Jawab= Boleh
➡ Berarti sm jg yg زهرdan زهرة  ya ukh.mksh jwbannya.insyaallh sy jd faham skrg...mksh           

Tanya= Bagaimana cara penerapannya dlm kalimat. Misal ketika dia hrs marfur, manshub dan majrur
Jawab=
Itu nanti akan dijelaskan lebih lanjut di pelajaran2 berikutnya ukh...
Krn penjelasan itu panjang dan harus djlskan bertahap..takutnya nnti bingung dn jadi memberatkan
Yg perlu di pahami skrg adalah isim ditinjau dr perubahan harokat akhirx ada 2

Tanya= Ustazah jadi apa perbedaan isim mu'rob dengan i'rob
8awab=
Isim mu'rob & isim mabni...(pnjlsnnya sudah ad di audio)
Isim mu'rob adlh: isim/kata yg berubah harokat akhirnya.
I'rob adalah : perubahan harokat pada akhir kata karena pengaruh/kemasukan amil

Tanya= Jd isim mu'rob ad 6 jenis ya??
Jawab= Na'am shohih mb yuni

Tanya= Adakah jenis lainnya selain yg disebutkn di diktat??
Jawab= Tidak ada mb..

Tanya= Klo isim manqush, maqshur dan mamnu' minashshorof itu ap??
Jawab=
Isim manqush & isim maqsur adalah isim yg masuk ke dlm kelompok isim mabni,.
Mamnu' minasshorof itu sama dgn ismulladzi la yanshorif yg djlaskn di audio ke 4 mb..


Tanya= Jadi kondisinya tetap ya baik dlm keadaan marfu, manshub dan majrur??
Kondisi ism yg mn mb?
Ismulladzi la yanshorif?
Jawab=
Iya,  yang 3 jenis td
kalau Ismulladzi la yanshorif trmasuk isim mu'rob...
Adapun pembahasan i'rob lebih detailnya br akan dipelajari berikutnya insyaAllah..
Ismulladzi la yanshorif sudah dijelaskan di audio yg ke 4

Tanya= Kok ini saya ga menemukan di audio ke 4 ya mbk?
Jawab= Kalo di audio namax isim ghoiru munshorif itu lho mb..sama aja


Tanya = Di audio.disebutkan ada mu'rob jazm yang harakat-nya sukun. Tapi di diktat mu'rob ini nggak ada...
Penggunaannya untuk apa ya? Atau dibahas di pelaran selanjutnya ukh?
Jawab=
i'rob jazm / sukun..khusus u fiil ukh..akan dbhs slanjutx insyaAllah..
kalau isim i'robx cukup 3 : rofa' /nashob /jaar

Tanya= Berarti yang hafalan hanya 3 ini juga ya ukh? Yang jazm.tidak masuk pr hafalan?
Jawab= Na'am

Tanya= Afwan ustadzah maksudnya isim nakiroh sm isim mushorif
Jawab=
Ini sama kayak nanya.  Gimana bedain mudzakkar dan mufrad yg sama2 dhammatain..
Artinya, dua hal yg berbeda.. Yang satu dari sisi jenis dan yg satu dari sisi bilangan
Begitu pula nakirah dan munsharif..

Contoh:

رَجُلٌ
Ia mufrad, mudzakar, nakirah,  dan munsharif

🔸Tanya 👉  Ustadzah. .. apakah kaidah penyusunan kalimat jumlah filiyah atau ismiyah bila di gabung dengan Muftada Khabar mengikuti kaidah masing masing?  Bagaimana Jika di gabung dengan kata kepunyaan seperti kitabiii . (Buku saya)?

🔸Jawab= Afwan maksud pertanyaannya gimana ya?
Karena jumlah filiyyah kompinennya bukan mubtada khobar tp fiil fail.
Jumlah ismiyyah yg mubtada khobar.
Dan idhafah seperti kitabii boleh..


🔸Tanya 👉ustadzah,  dlm pola kalimat fi'il Muta'addiy ditambah keterangan, سَمِعَ زَيْدٌ الخُطْبَةَ فِيْ المَسْجِدِ
zaid telah mendengar khutbah di dalam masjid,  mudhaf - mudhaf ilaihnya yg mana? syukron ya ustadzah

🔸Jawab 👉Tidak ada. Adanya jaar majrur..


🔸Tanya 👉  Ustadzah, klo mudhof ilaih selain isim ghoiru munshorif, apa harus dalam bentuk al?

🔸Jawab 👉Tidak. Boleh nakirah..


🔸Tanya 👉Dalam soal wajibat, ada kalimat
... jaami'ati madinati makkata ....
➡Apa mungkin ada kalimat urutanya mudhof-mudhof-mudhof ilaih?
atau yg lbh mungkin: mudhof-mudhof ilaih-mudhof ilaih ...?

🔸Jawab 👉Ada, bahkan bisa sampai 4 juga. Kata kedua dan ketiga menjadi mudhaf ilaih sekaligus mudhaf. Kata terakhir baru haaya sebagai mudhaf ilaih saja



🔸Tanya 👉kalau sdh kalimat lengkap,  ibu ga ngerti menerapkannya,  dmn itu mudhaf mudhaf ilaihnya.

🔸Jawab 👉Lihat dr maknanya.. Maka akan mudah menentukannya..


🔸Tnya 👉  ☝Ustadzah PRnya makin susah...kalo mudhaf mudhaf illaih sudah paham betul tapi kalo sudah ada tambahan kata kata lainnya jadi mandek

🔸Jawab 👉Diulang2 terus baca diktat dan audionya.. In sya Allah tambah makin paham.. Jaahidna



Tanya= Kenapa khabar harus disamakan jenis dan jumlahnya. Misal.. Orang2 muslim satu badan.. Atau.mereka satu organisasi...atau nyamuk2 adalah serangga... Ini.kan.tidak.sejenis

Jawab ➡ afwan, ana belum faham pertanyaannya, kalau bisa gunakan contoh kalimatnya dengan bahasa Arab, karena kita sedang belajar bhs Arab

Tanya= Afwan ukhti
Bagaimana cara merubah murfad ke jamak taksir.?

Jawab ➡jama' taksir memiliki banyak wazan, bisa dilihat di kamus
Wallahu a'lam

Tanya
bentuk mufrad dr anak laki² adalah ابْنٌ sedangkan jamaknya adalah بَنِيْنٌ.  Apakah itu termasuk jamak taksir?

Jawab ➡bukan jama' mudzakkar salim, tetapi mulhaq bijam'il mudzakkar  as salim, yaitu hukumnya seperti jama' mudzakkar salim
Wallahu a'lam

Tanya= Mw tanya tentang taman itu bagus..
Itu dkalimat diatas ap tandanya.
Misalkan klo taman ini bagus bgaiman kalimatnya
Jawab
Kalo taman itu bagus masuk ke mubtada khobar, kalo taman yg bagus itu masuk naat manu Kalo taman ini mk pake هذا البستان

Rekap pertanyaan
Tanya=  Apakah isim stl huruf jarr selalu ma'rifat?
Jawab=
Tidak,..boleh nakiroh,..trgantung kemauandn maksud si pembuat kalimat tsb c محمد فى فصل

Tanya= Apakah mudhaf ilaih selalu ma'rifat? Iya,..ketentuan / kaidah u mudhof ilaih adlh harus ma'rifat
Ingin tau... krn contoh di buku selalu ma'rifat.

Tanya= Kapankah Mudhaf itu berharokat fathah atau dhomah, mhn penjelasannya ustadzah, syukron
Jawab=
Catatan : mudhof itu fleksibel,..mudhof bs brbntuk fail atau maf'ul bih atau mubtada atau khobar atau majrur,...nah,,harokat / i'rob mudhof tsb menyesuaikan keadaan dia saat itu
Cnth خرج احمد من غرفة سليمان ،.....
غرفة ghurfati,..isim majrur dgn kasroh mudhof

Tanya= Di hal 127 ada contoh yg artinya siswa terpandai (amharuth thullaabu). Di sini strukturnya mudhaf ilaih nya mendahului mudhaf. Beda dg yg lain. Mohon penjelasannya.
Jawab=
Yg benar adlh (amharuth thullabii) dstu mudhof tidk mendahului mudhof ilaihi,....krn mudhof ilaihi tdk boleh mendahului mudhof

Tanya= Soal mudhaf ilaih ustadzah,,,
Apakah stiap mudhaf ilaih itu pasti ada ال nya atau gmn ya??? Syukran
Jawab=
Seringnya ada, tapi klo dia sbg mudhof lagi ga bisa ada ال
Tanya= Untuk isim ghairu munsharif ketika jar berharokat fathah bagaimana cara merubah seluruh nama yang berakgiran alif dan nun seperti  سُليْمَنُ , مَروانُ ....
Jawab
= Merubahnya gemana ya? Dirubah harokatnya saja jadi fathah

Tanya= Jadi otomatis harokat nya dirubah jadi fathah ya
Jawab=
Iya, mereka rofa' dg dhommah
Nashob dan jar dg fathah

Tanya= Selain hrs dlm kondisi jar, apalagi syarat2 utk mudhaf ilaih?
Tdk ada syarat hrs bertanwin atau dilekati al?
Tdk ada syarat hrs sama jenis/sama bilangan dg mudhafnya?
Jawab=
Mudhof ilaih pasti jar,
Spt halnya fa'il, mubtada' dan khobar pasti rofa'

Tanya= Antara mudhaf dg mudhaf ilaih apakah hrs sejenis dan sama bilangannya?
Jawab=
Tambahan:
3 makna idhofah:
A. Bermakna مِنْ:dari
خاتمُ ذَهَبٍ
B. في:di
صاحبُ السِجْنِ
C. اللام :milik/punya
نَعْلُ زَيْدٍ
Tidak harus sama bilangan ataupun sejenis..

Ketika mudhof berasal dr jama' mudzakar mutsanna. Maka nun nya dihilangkan

Tanya= Brarti klo muslimaani jadi muslimaa ???
Maksudnya,,,kemudian terus di idhafahkan kekata berikutnya dg menghilangkan ن,iyakah ustadzah???
Jawab=
Iya dr طالبتان menjadi طالبتا

Tanya= Baca contoh2 mudhaf-ilaih kelihatannya semua diberi al, selain nama orang dan tempat, tetapi mudhaf ilaih tdk hrs dilekati al? Msh bingung
Jawab=
Rata2 pakai alif, krn biar ma'rifah..
Aturan dasar spt jar majrur. Spt:
محمد في البيت lebih bagus drpd
محمد في بيت
Kalau mudhof-mudhof ilaih:
صاحب البَيتِ،
صاحِبُ بيتٍ، krg tepat

Kecuali kalo mau digabung lagi..
صاحبُ بيتِ الإجارِ.
(pemilik rumah kontrakan)


Tanya=  صاحب البَيتِ،
Kenapa dikatakan kurang tepat ya?
Jawab=
Kalo ga ada alif lam nya ukh..



Tanya 👉  Pada hal 127
عثمان أمهر الطلاب....
Apakah bisa jg ditulis dg
عثمان طلاب المه  عثمان طلاب الامهر....
Jawab:
Tdk bisa, nanti artinya jd "utsman adalah murid2 pandai"
Jd tdk nyambung

👉 Thullaabul mahri/amhari tdk sesuai dgn makna idhafah (kepemilikan/peruntukan/dari)


Tanya 👉Klo begini...
عثمان طالب الامهر
Apk artinya sm dg yg dibuku?
Ustman adl murid terpandai
Jawab:
Beda.
👉 Mgkn biar ga bingung, artinya gini aja: "Utsman adl sepandai2nya murid". (wlwpn scra makna sama aja sih, cuman biar sesuai sama susunan kata bhs arabnya)
👉  Kalau susunan kata yg mb Iin sebutkan, itu nantinya jd tdk sesuai dgn makna idhafah.

Kalau mau, bisa dibuat susunan na'at & man'ut. Jd alif lam pd kata 'al-amhar' dihilangkan.
عثمانُ طالبٌ أمهرُ من زيدٍ
Utsman adl murid yg lebih pandai drpd zaid
Tp kita blm smpai na'at ya.. Jgn dipikirin dulu. hhe

Tanya👉   Ustadzah utk jumlah fi'iliyah apa boleh fi'il nya sesudah fa'il?
Contohnya : احمد ذهبَ إِلَى المَسْجِدِ
Jawab:
: Bukan jumlah fi'liyyah lg dong namanya.. tp jumlah ismiyyah, krn diawali isim


Tanya 👉 Brrti ismiyyah gk hanya tdd isim n isim y? Bisa isim n fi'il
Jawab:
Bisa. Nanti ada pmbhsannya


Tanya 👉 Di tugas no 7 pola nya begitu mba.. طلاب ذاهبون
Kaidahnya sama kyk jumlah fi'iliyah lazim kah?
Tanya 👉  Dzahibuuna bukankah isim jama' mudzakkar salim kan ustadzah?
Jawab:
Dia isim fa'il dr dzahaba (silahkan dimuraja'ah lg sharafnya.)

👉 Mufradnya ذَاهِبٌ
👉 Jamaknya pake jamak mudzakkar salim ذَاهِبُوْنَ


Tanya 👉Mb Ros bsa hafal sharaf gimana tuh....triknya
Jawab:
Kalo ana sndri ga ada trik khusus sih.. ya dihafal aja smua tashrifannya..
Asal sudah hafal 1 wazan/bab, sisanya tinggal mengikuti. Paling agak beda sdkit di fi'il mazid sama yg bukan trmsuk fi'il shahih.
Mudah in sya Allah. Yg penting MAU menghafal


Tanya 👉 : Usth. Jika ingin memakai kata yg berasal dr fiil, utk kal ismiyyah... Bentuk apa?
Isim fail kah, atau maf'ul?
Jawab :
: Trgantung maunya apa.. Arti kalimat yg diinginkan spt apa


Tanya 👉  Ust untuk tatsniyah n JMudzS yg dlm keadaan nashab saat menjadi mudhof ن juga dihilangkan? Kalau طالبين saat mudhof jadiny طالبي?
Jawab
Na'am, shahih


Tanya 👉: Dokter itu org sabar di rumah sakit...
Itu Usth , contoh kalimat...
Jawab:
Kalo dokter isim yg bukan berasal dr fi'il.. bhs arabnya sdh jelas, طبيبٌ. Dia bkn isim fa'il, bukan mashdar, bukan jg isim maf'ul
Ana ksh contoh, sbntr
👉 Contoh jumlah ismiyyah yg mubtada'nya berupa isim2 berikut:

- isim fa'il:
الصَّالِحُ صَابِرٌ
Orang yg shalih itu sabar.

- isim maf'ul:
المَقْرُوْءُ مُفِيْدٌ
Yg dibaca itu bermanfaat.

- mashdar:
الصَّبْرُ ضِيَاءٌ
Kesabaran itu adalah cahaya (hadits)

👉: Contoh jumlah ismiyyah yg KHABARnya berupa isim2 berikut:

- isim fa'il:
أَحْمَدُ ذَاهِبٌ إِلَى المسجدِ
Ahmad pergi ke masjid.
-> khabarnya pakai isim fa'il krn disesuaikan dgn mubtada nya (ahmad adlh 'pelaku/yg melakukan' fiil dzahaba)

- isim maf'ul:
الكِتَابَةُ مَمْسُوْحَةٌ
Tulisan itu dihapus.
-> khabarnya pakai isim maf'ul krn mubtada (al-kitaabah) memang cocoknya dihapus.. tdk mungkin 'yg menghapus' (isim fa'il) atau 'hal menghapus' (mashdar).

- mashdar:
أَمَلِيْ الذَّهَابُ إِلَى بَيْتِ الْحَرَامِ
Harapanku adalah pergi ke Baitul Haram.
-> khabarnya pakai mashdar krn memang secara makna cocoknya memakai mashdar.. tdk mungkin 'harapanku' pakainya 'yg pergi' (isim fail) atau yg 'dipergikan' (isim maf'ul).

Tanya Jawab Pekan 1 Ilmu Sharaf Angkatan 5 Ikhwan
TANYA JAWAB PEKAN 1
1. T : Ketika ada yang mengucapkan Jazakumullah khoir, kemudian kita membalas “waiyyakum”. Artinya bagi kalian juga, apakah benar tadz?
J: Na’m Akhi, dan kepada kalian juga . “Waiyyakum” bermakna “ sebagaimana kami mendapat
kebaikan juga”
2. T: Mau tanya soal isim dhomir,kenapa penggunaan ‘antum’ menjadi ‘kuntum’ seperti dalam surat Al-Waqi’ah.
J: Itu rumus penggunaan fiil dan dhomir, akan dibahas pada bab tashrif lughowi.
àKunta-kuntuma-kuntum.
3. T: Saya agak kurang mengerti soal istilah tashrif dan wazan.
J: WAZANà yaitu rumus atau cara untuk merubah kata.
TASHRIFàperubahan kata baik istilahi maupun lughowi.
4. T: ya muroqib, apakah mungkin ciri-ciri isim juga melekat pada isim?
J: Tidak mungkin, Isim dan Fiil dua hal yang berlainan. Kalau isim dan huruf ada kasus yang begini, 1 kata dianggap isim juga huruf. Kalau isim dan fiil atau fiil dan huruf itu tidak mungkin.
5. T: Akhi, ana mau tanya. Kebetulan tadi membaca kata “min haitsu” padahal kita tahu bahwa “min” adalah salah satu huruf jar yang fungsinya menjadi kasroh harokat akhir suatu kata. Mengapa itu tidak kasroh?

J: Ada beberapa kasus dalam Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan kaidah nahwu. Contoh kata yang ana temuin seperti itu: ‘Alaihullah (QS……….).
6. T: Isim dhomir itu bukannya ada 14 ya? Atau lebih?
J: yang 14 kemaren antum hafal itu dhomir munfashil, yang terpisah dengan kalimat. Ada juga dhomir muttashil,yang tersambung dengan kalimat baik fiil maupun huruf, untuk menunjukkan objek atau kepemilikan.
7. T: Untuk huruf selain huruf jar apakah harus dengan harokat? Contoh, wa, fa, bi, lu, sha, dan ka.
J: iya berharokat seperti yang sudah dikenal dalam bahasa arab.
8. T: Tanya ustadz, apa bisa jamak muannats salim berakhiran aatin bukan aatun ketika kemasukan huruf jar? Syukron.
J: Iya benar. Bahkan semua isim secara mendasar pasti berakhiran kasroh kalau di dahului huruf jar.kecuali beberapa huruf ghoir munsharif.
9. T: Huruf jar itu yang seperti apa ya? Afwan ana pemula.
J: Huruf jar kalau dalam bahasa Indonesia kita sebut kata depan di, ke, di atas, di dalam, dst. Huruf jar dalam bahasa arab ada 9( baca diktat hal.14)
10. T:Kalau jannah dan naar itu masuk isim muannats atau mudzakar? Syukron.
J: Keduanya termasuk muannats.
11. T: Bagaimana alamat menentukan bahwa ini/itu sebagai isim musytaq?
J: -Isim musytaq, dibentuk dari kata lain yakni mashdar/fiil madhi. Jadi isim musytaq mempunyai hubungan secara makna dan lafadznya dengan kata asalnya ( mashdar/fiil madhinya).
Contoh: Thaalibun ( orang yang menuntut)àisim musytaq dari fiil madhi Thalaba (menuntut)
Dalam buku-buku sharaf, disebutkan isim musytaq ada 7: isim fa’il, isim maf’ul, sifat musyabbahah, isim zaman, isim makan, isim alat, isim tafdhil.
-Kebalikan dari isim musytaq, yaitu isim jamid. Dia berdiri sendiri, tidak dibentuk dari kata lain. Contohnya: Qolamun(pulpen), Qomarun(bulan).
12. T: Bagaimana menentukan fiil mu’tal atau shohih?
J: Dilihat dari susunan hurufnya. Fiil mu’tal adalah fiil yang kemasukan huruf illat dalam susunan katanya, baik di fa fiilnya, ain fiilnya, atau lam fiilnya. Huruf illat sendiri ada 3(alif, wawu, dan ya). Adapun jika tidak kemasukan salah satu atau dua dari tiga hururf tersebut maka dipastikan dia fiil shohih.
13. T: Apakah ciri isim dan fiil hanya terbatas pada yang disebutkan dalam dars saja?
J: Tidak. Itu hanya sebagian cirinya saja.
14. T: disebutkan dalam dars bahwa ciri fiil ada empat, dan hanya berkaitan dengan fiil amadhi dan fiil mudhori saja. Bagaimana dengan ciri fiil ‘amr?
J: Ciri fiil ‘amr dilihat polanya. Pekan selanjutnya akan dibahas tentang polanya.
15. T: Dars tentang fiil muta’addi dan lazim sepertinya tidak ada rekamannya.
J: Tidak ada.
16. T: Kata sifat, seperti akbar(paling besar), shohih(benar), dan ‘ulya(tinggi), termasuk isim atau fiil?
J: Termasuk isim.
-Akbar: isim tafdhil
-Shohih: sifat musyabbahah
-‘Ulya: muannats dr ‘Aalin(isim fail)
17. T: Apakah huruf jar hanya ada 8 seperti yang disebutkan dalam diktat?
J: Ada 9, ditambah rubba: jarang/sering. Yang di diktat hanya yang lazim digunakan.
18. T:Ustadz, apakah fiil mu’tal bisa mengandung huruf illat lebih dari satu? Dan apa contohnya?
J: Iya maksimal 2 huruf illat.cek diktat bab 8.
19. T: Kenapa kata أَحَدٌ termasuk isim?
J: kan harokat akhirnya tanwin.
20. T: Apakah kata “ilaaha” pada syahadat termasuk isim? Kenapa tidak ada tanwin atau alif lam?
J: Ilaaha=isim
Setiap ada ciri isim pasti isim.tapi tidak semua isim harus ada cirinya.jangan kebalik ya.
21. T: Kenapa fiil lazim tidak membutuhkan objek? Dan apa contohnya?
J: Burung berkicau, daun berguguran, bunga bermekaran, cinta bersemi, apakah ini butuh objek? Tentu tidak.karena ini fiil lazim (intransitive)
22. T: Kalau kata Alhijaarah dalam surat Al-baqoroh isim apa ya? Ada minhu dan minha..atau bagaimana ini?
J: Hijaaroh adalah isim jamak taksir dari kata hajarun(batu)..adapun minhu dan minha pembahasannya nanti di nahwu.
23. T: Salam Ukhti, pada dars ketujuh diterangkan bahwa ada kata yang mempunyai bentuk jamak taksir sekaligus jamak muannats salim, misal untuk kata syajarotun. Bagaimana kita bisa mengidentifikasikannya?.
J: Mengidentifkasikannya dengan sering membaca dan mendengar karena sifatnya sima’I sebagaimana kita dengar dari perkataan orang arab. Jadi tidak bisa ditentukan rumusnya.
24. T: Ukhti kenapa ketika “lahu” dalam surat al-ikhlas, dhomir Huwa bisa disingkat menjadi “Hu” saja?
J: Hu disana merupakan kata ganti kepemilikan huwa. Tidak bisa ditulis lahuwa, tetapi menjadi lahu.
25. T: Ukh apakah ada aturan untuk isim dhomir ketika bergabung (didepan/dibelakang) huruf/fiil?
J: Ya..ada aturannya. Hal itu dibahas dalam ilmu nahwu.
26. T: jantan dan betina (hewan) dalam bahasa arab seperti apa?
J: Contoh untuk betina: baqorotun. Biasanya kalau hewan memang disifati muannats.
Tetapi tidak semua muannats, contoh: asadun(singa) itu tergantung kosakatanya karena sifatnya jamid.
27. T: Apakah hewan termasuk lilghoiri ‘aqil?
J: Ya. Contoh, qirdun, jamalun, nahlun,..masih banyak lagi.
28. T: Apa arti kata iyya hu..iyya humaa..dsb, afwan. Biar lebih kontekstual ngafalinnya.
J: kata “iyyaa” bisa diartikan kepada. Kepadaku, kepadamu, kepadanya.
29. T: Suatu kata bisa masuk kedalam beberapa jenis isim kah?
J: Betul, suatu kata bisa termasuk beberapa jenis isim. Misal, katabaàmenjadi kaatibun: isim failàmenjadi maktuubun: isim maf’ul.
30. T: Misal kata madrosatun, bisa masuk ke isim musytaq dan muannats..begitukah?
J: Na’m
31. T: Apakah ada kaidah-kaidah tertentu dalam penulisan bahasa arab (dlm Al-qur’an) dua kalimat bisa disambung atau harus terpisah. Atau maksudnya bagaimana caranya menentukan kalimat dalam alqur’an itu merupakan satu kata atau gabungan dua kata?.
J: untuk mengetahui apakah itu satu kata atau gabungan dua kata adalah dengan mempelajari kosakata bahasa arab. Pelan-pelan aja.
32. T: Ana belum paham jamak taksir, pemakaiannya dalam lilghoiri ‘aqil dan lil ‘aqil.
J: Jamak Taksir itu jamak yang tidak berpola. Isim jamid umumnya jamaknya merupakan jamak taksir.
Untuk lil ghoiri ‘aqil maksudnya untuk kata-kata benda yang tidak berakal contohnya seperti qolamunà Aqlaamun
Adapun lil ‘aqil yaitu untuk kata benda yang berakal, maksudnya adalah manusia.contoh: Thobiibunà jamak taksir: Athibbaa’u.
33. T: Perubahan isim dari isim mufrod ke tatsniyah itu kan hanya ditambah aani atauiina.huruf alif disitu hanya huruf mad saja ya?
J: Ya.
34. T: Kalau untuk huruf-huruf/ kata-kata dalam Al-Qur’an apakah semuanya terdiri dari fiil, isim, dan hurf? Ataukah terdapat kelompok kata lainnya?
J: Secara garis besar kata-kata dalam bahasa arab dibagi dalam 3 kelompok tersebut, termasuk Al-Qur’an.
35. T: Apakah beda cara membaca bahasa arab dengan membaca Al-Qur’an, contohnya محمد kalu ngaji bisa dibaca muhammade saat akhir kalimat, kalau bahasa arab apakh mesti sesuai harakatnya “muhammadun”?
J: Dalam dialek bahasa/Lahjah bahasa arab tidak menggunakan kaedah tajwid.
36. T: Mau tanya ukh, fiil mudhori dijelaskan sebagai kata kerja yang sedang terjadi atau akan terjadi. Kemudian dijelaskan dalam surat al-Baqoroh bahwa fiil mudhori sebagai kata kerja yang sedang dilakukan atau masih berlangsung sampai sekarang. Apakah ada ciri-ciri/perbedaan diantara ketiganya di dalam penggunaaannya atau sama saja?. Seperti kalau dalam bahsa inggris akan ada perbedaan antara i am studying(sedang berlangsung), i will study (akan berlangsung), i have been studying (sudah dilakukan pada suatu waktu dan masih berlangsung).
J: Bentuk fiil mudhori itu hampir mirip dengan future tense dalam bahasa inggris, tapi ada tambahan bahwa fiil mudhori mengandung sedang dilakukan atau continuous tense.
37. T: Antara fiil madhi,fiil mudhori’, fiil amr untuk perubahan kata dasar misal Jalasa(fiil madhi) apakah sudah rumusnya jika berubah ke fiil mudhori jadi ditambah huruf ‘ya’ menjadi “yajlisu” dan untuk fiil amr apa harus ditambah huruf alif sehingga menjadi “ijlis”.apakah semua perubahan itu untuk semua kata atau ada ketentuannya untuk masing-masing kata?.
J: Insyaallah penjelasannya ada di dars selanjutnya.
38. T: Kalau kata dasar bahasa arabnya apa?
J: Kata dasar dalam bahasa arab sering disebut asal kata. Untuk kata kerja/fiil asal katanya adalah fiil madhi.sedangkan isim asal katanya adalah bentuk mufrodnya.untuk huruf maka sifatnya mabni atau tetap.
39. T:Apakah kata dasar disebut juga mashdar?
J: Bukan. Mashdar adalah kata kerja yang dibendakan.
40. T: Huruf illat itu maksudnya apa ya?
J: Huruf illat adalah huruf yang apabila masuk dalam susunan sebuah fiil maka menjadikan fiil tersebut cacat/tidak berpola disebut juga fiil mu’tal. Huruf illat sendiri ada 3, alif, wawu, dan ya’
41. T: Perbedaan isim dhomir dengan isim dhomir munfashil apa ya?
J: Isim dhomir contohnya seperti ‘huwa-humaa-hum’, adapun isim dhomir terbagi menjadi 2, ada isim dhomir muttashil. Ada juga isimi dhomir munfashil.
42. T: Tanda untuk tatsniyah yang ada tambahan aani untuk rofa’,aini untuk nashob dan jar.itu maksudnya apa? Cara tau itu rofa’ atau nashob gimana?.
J: Nashab dan rofa’ masuk pembahasan nahwu. Untuk di shorf kita hanya mengenal aani daniina untuk tatsniyah.
43. T: Apa makna “saufa” itu jika bertemu fiil madhi dan mudhori?
J: “Saufa” hanya pada fill mudhori artinya akan. Contoh seperti kalimat saufa ta’lamuun kamu akan mengetahui.
44. T: Apakah ada ciri tersendiri kita menentukan bahwa suatu isim itu jamak taksir selain kita menghafal dari kamus?
J: Jamak taksir harus dihafal.
45. T: Jika jamak taksir tidak memiliki rumus perubahan, bagaimana cara mengetahui perubahannya dari mufrod? Apakah ada kaidah lain?.
J: perubahan mufrod ke mutsanna adalah dengan ditambah ان/ين dibelakangnya. Untuk jamak mudzakar salim adalah dengan menambah ون/ين , sedangkan untuk jamak muannats salim maka ditambah ات dibelakangnya. Adapun jamak taksir adalah melihat kamus dan menghafal perubahannya.
46. T: Mungkinkah ada isim mudzakar yang mempunyai dua bentuk jamak?.
47. J: Lihat diktat halaman 10.
48. T: Adakah ciri-ciri fiil mudhori’?.
J: Dimulai dengan huruf mudhoro’ah (أنيت) , dimulai dengan huruf nashbin dan jazmin, Namun untuk tingkat dasar cukup tahu yang pertama.
49. T: Meskipun bukan anggota tubuh tapi berpasangan seperti sandal, sepatu, itu mudzakar atau muannats?.
J:Muannats.
50. T: Mohon dijelaskan perbedaan perubahan pada isim muslimunàmuslimaani dan muslimayni.
J
: Sama artinya tetapi berbeda dalam pemakaiannya dalam aplikasi ilmu nahwu.

51. T: Apakah dalam ilmu shorof ada semacam tenses atau converstation?
J: Dalam ilmu sharaf hanya mempelajari perubahan bentuk kata berdasarkan isim dhomir atau makna kata. Sedangkan aplikasi tensesnya dalam ilmu nahwu.
52. T: Untuk bi(huruf jer) dan bi(huruf sumpah) itu artinya sama? Untuk mengenali keduanya bagaimana?
J: Bi huruf sumpah hanya bisa bersambung dengan kata Allah, dan digunakan untuk bersumpah.
Adapun bi(huruf jer) bisa masuk dalam semua isim dan diartikan dengan. Bisa juga diartikan lain tergantung konteks kalimat.
53. T: Ustadzah saya mau tanya tentang contoh fiil yang diakhiri ta mati, tapi contohnya kenapa tetap berharokat? –Qod Qoomati
J: Yang tetap berharokat yang mana mba? Qod qoomat huruf ta’ terakhir disukun.
à Qod bila masuk pada fiil madhi artinya sungguh.
à Qod bila masuk pada fiil mudhori artinya kadang-kadang.
54. T: Apa bedanya min dengan an sedangkan artinya sama. Apakah beda dalam penempatan kalimat atau dalam penggunaannya? Atau tidak ada bedanya?.
J: Min untuk yang jauh, sedangkan an untuk yang dekat dan melekat.
55. T: Kalau ciri fiil yang empat itu, tidak mesti semua fiil harus pake ya? Maksudnya bisa berdiri sendiri tanpa qod dll.
J: Tidak semua ciri dipakai mba..Jika ada salah satu dari cirri fiil tersebut maka sudah disebut fiil.
56. T: Di diktat kan untuk fiil yang disebutkan hanya 2 kelompok yaitu
1. Fiil lazim dan muta’addi
2. Fiil bina shahih dan bina mu’tal.
Apakah hanya itu pembagian fiil? Kalau masih ada lagi apakah itu?
J: Masih ada lagi pembagianya, untuk pemula cukup itu dulu. Nanti kita pelajari di pekan selanjutnya.
57. T: Bagaimana cara tepat dan mudah membedakan isim musytaq dan isim jamid?
J: Dengan banyak mengetahui fiil maka kita akan terbantu untuk mengetahui kata tersebut termasuk isim jamid atau isim musytaq.
58. T: Untuk menentukan sebuah kata dalam al-Qur'an termasuk ke dalam isim/fi'il, bolehkah kita langsung melihat dari terjemahnya? Atau bolehkah bila kita menyimpulkan, kalau dia bukan fi'il, maka pasti isim?.
J: boleh saja, tapi biasanya kalo di terjemahan susunan kata dalam bahasa indonesia tidak sama dengan arabnya yaa..
itulah salah satu alasan kenapa kita belajar sharaf. Dengan bisa mentashrif suatu kata, إِنْ شَآءَ الله kita bisa mengetahui artinya dengan tepat. Dengan mengetahui kata termasuk isim/fiil/huruf berdasarkan ciri-cirinya maka akan memudahkan kita mengetahui artinya baik itu via kamus/terjemahan.
jika kata bukan fiil maka kemungkinannya kalo nggak isim yaa huruf.

59. T: pada fi'il mu'tal yg huruf 'illat , huruf tidak berharakat, tapi kenapa jika huruf 'illatnya و dan ى ada yg berharakat.misal:
قَالَ =alif tdk berharakat , وَعَدَ =wa berharakat, نَسِيَ = ya berharakat.

J: tentang fiil mu'tal yang mengandung huruf illat ( alif, wawu, ya') maka yang masuk kategori mu'tal: ya dan wawu berharakat maupun tidak tetep mu'tal, kalo alif tidak berharakat => mu'tal karena kalau berharakat hamzah dan jadinya shahih, contoh : قَرَءَ
60. T: Apakah huruf illat itu hanya ada di fiil saja atau bisa juga di isim?.
J: ada di fiil maupun isim, karena sekarang kita belajar sharaf, maka yang kita bahas di fi'ilnya,,
untuk yang di isim mungkin nanti di nahwu yaa.

61. T: Apa manfaat/kenapa kita harus tau mana isim mu'tal dan isim shahih?
J: Kegunaan mengetahui fiil mu'tal dan shahih karena masing2 punya wazan atau rumus tersendiri jadi kita harus bljar untuk bisa mengklasifikasikan mana yang termasuk fiil mu'tal dan fiil shahih.
62. T: Yang mau ana tanya yang pertama tentang fi'il mu'tal. Kan kalau yang alif itu dalam keadaan tanpa harakat sebagai penanda fi'il mu'tal tersebut. Kalau dengan wawu dan ya apakah dalam semua keadaan baik berharakat maupun tidak untuk di kategorikan huruf 'illat?
Mohon diberikan contoh juga untuk yang و& ي

J: Iya. Karena kalo alif berharakat pan namanya hamzah jadi bukan mu'tal lagi. Klo wawu dan ya baik sukun atau berharakat dianggap mu'tal.
63. T: Salah 1 contoh ismi mudzakkar itu kan nama benda yang tidak mengandung huruf ta marbuthah (ة).. apa mksudnya semua ayat arab yang ga pake huruf ta marbuthah (ة) itu tidak termasuk isim mudzakkar?. 
J: Nggak juga. ada juga nama laki2 yang pakai ة contohnya maisyarah, thalhah.. Itu dikategorikan mudzakkar. Nama kota, nama jalan, nama daerah, nama sesuatu yg berpasangan seperti rijlun, yadun juga muannats walaupun nggak ada ta' marbuthoh nya. trus kalau contohnya nama benda, seperti kursi kan ga pake ta marbuthoh jadi termasuk mudzakkar.
 

4 komentar:

  1. Kenapa lafadzلم يكن الله ليغفر لهم.
    (يكن) ini nun nya di kasroh kan ..Karna menolak bertemu nya Huruf mati 2 tolong jelaskan

    BalasHapus
  2. Kalimat tasabaha termasuk wazan apaih klo bleh tau

    BalasHapus
  3. Foil jamak paeil jamak apa faedah

    BalasHapus
  4. Kenapa dhomir muttashil waqi' ghoib ketika berupa huruf jer itu berbeda harokatnya misalnya bi hi 'an Hu min hu

    BalasHapus